Program Tindak Lanjut Penilaian Siswa SD Kurikulum 2013
Program Tindak Lanjut Penilaian Siswa SD Kurikulum 2013 - Sahabat Pembaca Setia Gentra PGRI, Artikel yang anda baca kali ini Membahas Program Tindak Lanjut Penilaian Siswa SD Kurikulum 2013, dimana kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi yang terdapat didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Administrasi Kelas,
Artikel Download,
Artikel Kurikulum 2013, yang kami tulis ini dapat bermanfaat bagi anda. baiklah, selamat membaca
Program Tindak Lanjut Penilaian Siswa SD Kurikulum 2013 : Penilaian dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar siswa, guna menetapkan sampai sejauhmana siswa telah menguasai kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.
Program Tindak Lanjut Penilaian Siswa Kurikulum 2013 |
Manfaat Penilaian
- Sebagai umpan balik bagi siswa agar mengetahui kemampuan dan kekurangannya
- Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami siswa
- Sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar
- Sebagai informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektivitas pendidikan
Keunggulan Penilaian
- Memungkinkan adanya kesempatan yang terbaik bagi siswa untuk menunjukkan apa yang dipahami dan mampu dikerjakannya.
- Prestasi belajar siswa terutama tidak dibandingkan dengan prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya;
- Pengumpulan informasi dilakukan dengan berbagai cara
- Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang tersedia, tetapi lebih dituntut menanggapi dan memecahkan masalah siswa diberi kesempatan memperbaiki prestasi belajarnya.
- Penilaian tidak hanya dilaksanakan setelah proses belajar-mengajar (PBM) tetapi dapat dilaksanakan ketika PBM sedang berlangsung (penilaian proses).
- Kriteria penilaian karya siswa dapat dibahas guru dengan para siswa sebelum karya itu dikerjakan sehingga secara tidak langsung terdorong agar berusaha mencapai harapan (expectations) (standar yang dituntut) guru.